Friday, June 10, 2016

Cara Main Game Dreamcast di Android Menggunakan Emulator Reicast

Sega Dreamcast merupakan salah satu video game konsol yang ikut serta meramaikan dunia video game pada tahu 90'an, Dreamcast sendiri diluncurkan pada tahun 1998 secara perdana di jepang, dan setelah itu terus menyebar ke benua Amerika, Eropa dan juga Australasia, seperti halnya yang dikutip oleh situs Wikipedia.

Sega Dreamcast sendiri merupakan video game console generasi ke-6 yang di luncurkan oleh Sega sebagai penerus game konsol sebelumnya, yaitu Sega Saturn dan katanya Sega Dreamcast merupakan video game console terakhir yang diluncurkan oleh Sega, sebagai kiat sukses bersaing dengan game konsol lainnya antara lain PS1 dan juga Nintendo64.

Namun pada akhirnya harus berakhir dengan buruk karena, video game console Sega Dreamcast berakhir dengan kurang memuaskan karena gagal menarik para peminat video game konsol, dan setelah itu Sega sendiri memutuskan untuk menutup seta menghentikan produsen game konsol pada tahun 2003, maka dari itu juga penyebabnya kurang diketahui di negara kita bahwa memang, sega sendiri yang gagal menarik perhatian.

Sayang sekali bukan, pasti kamu penasaran deh dengan Sega Dreamcast ini, tapi tenang saja sob walaupun video game konsolnya sudah entah kemana dan entah yang seperti apa wujudnya, tapi kamu masih dapat memainkannya dengan hanya bermodalkan smartphone berbasis Android, dan dengan bantuan aplikasi didalamnya, yang lebih dikenal dengan nama Emulator.

Cara Main Game Sega Dreamcast di Android Menggunakan Emulator Reicast

Cara Main Game Dreamcast di Android Menggunakan Emulator Reicast

Sebelum itu, sebelum kamu dapat memainkan game Dreamcast kamu perlu mempunyai aplikasi emulator Reicast, bios dan juga tidak lupa file gamenya, setelah ketiga file tersebut sudah siap, maka kamu sudah siap untuk memainkan game Dreamcast di smartphone Android kamu, penasaran gak? kalau begitu lanjut simak deh.

Oke, tanpa panjang lebar lagi langsung saja berikut ini Cara Menggunakan Emulator Reicast (Dreamcast) di Android, perhatikan baik-baik :

Cara Menggunakan Emulator Reicast di Android :

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi emulator Reicast untuk smartphone Android.
  2. Setelah itu download file (Bios) dan juga file (Game) Dreamcast, untuk bios kamu dapat mengunduhnya di Loveroms dan untuk file gamenya kamu dapat mengunduhnya di Emuparadise atau Theisozone.
  3. Jangan lupa simpan file bios serta file gamenya di SDcard.
  4. Langkah terakhir yaitu jalankan aplikasi Reicast, dan jika gamenya sudah tersedia biasanya kamu akan melihat beberapa game yang kamu punya dibagian "Available Dreamcast Games" klik lalu mainkan gamenya, selesai deh dengan ini sobat Androidtechnoria dapat memainkan game sega dreamcast di smartphone Android.

Catatan :

Jika kamu mengalami kegagalan dalam menjalankan game Sega Dreamcast, sebaiknya kamu harus tahu penyimpanan file bios yang benar, untuk penyimpanannya sendiri urutannya seperti ini di SDcard "dc/data/fiebiosdisini" jadi pertama kamu harus membuat folder baru dengan nama "dc" lalu masuk ke folder "dc" tersebut dan buat folder baru lagi dengan nama "data" lalu masuk ke folder data dan simpan file bios di situ.

Setelah itu jangan biarkan file lainnya (selain file bios) berada di folder tersebut, khusus file bios saja yang harus berada disitu, biasanya jika ada file lain selain file bios yang berada disitu maka akan terjadi error saat proses menjalankan gamenya, jadi jangan biarkan file lainnya berada di folder tersebut, jika ada sesuatu yang tidak dimengerti silahkan jangan ragu-ragu untuk menanyakannya, karena saya sendiri sudah menyediakan kolom komentar khusus untuk para pengunjung AndroidTechnoria.

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dengan cara diatas dapat memuaskan rasa penasaran untuk menggunakan atau memainkan permainan dari Sega Dreamcast, ya walaupun tidak secara nyata menggunakan video game konsol tersebut, tapi setidaknya kamu hanya bermodalkan perangkat genggam dengan sistem operasi Android, sudah dapat merasakan sensasinya.

14 comments:

Cristiano Ronaldo said...

Di asus z5 force close min.. Kenpa ea. Udah ngikitin tutorial di atas kho.? Maksih

Admin said...

Force close dimananya gan? saat membuka aplikasi reicast atau saat menjalankan bios / file gamenya ?

Cristiano Ronaldo said...

Saat menjlankan bios atau gamenya.. Lgsung blank trus force close. Itu d hp asusus z5. Kalo d samsung granfrime. Lancar tapi gak kuat lma paling stengah jam lgsung forcoclose sama. Mkasih atas tanggapanya min.!!

Admin said...

coba dicek gan catatan diatas, apa sudah di ikutin ..

Trisna Permana said...

sya jg sma gan, udh sya ikutin, taro file bios y, sesuai petunjuk, tp tetep aj kg bs.

NooB CRAFT said...

Bro admin gmna nih kok pas diberanda tulisannya " please Configure home directory " maksudnya apa yaaa ? Tolong yaaa

Alung Hart said...

numpang nanya min.. klo untuk setting reicast connect ke gamepad ipega tau caranya ga? saya udh coba cari di youtube sama google ga ketemu.. mohon pencerahanya.. trimakasih..

Admin said...

Wah, saya kurang tahu kalo perihal itu juragan, karena gak pernah coba dan sudah lama tidak menggunakan aplikasi reicast.

Admin said...

Silahkan ikuti langkah demi langkah diatas dengan benar, dan perhatikan juga pada bagian "Catatan" pada bagian artikel diatas karena mungkin saja agan belum tepat melakukan penyimpanan file directory yang benar.

Unknown said...

Gan di asus zanfone 2 ko ga bisa langsung keluar pas milih gamenya, gimana ini gan

Anonymous said...

Knp selalau missing pada saat setelah game nya udah ada. Tolong gimana caranya.?

Anonymous said...

Kenapa pda saat gamenya sdh ada bios nya selalu missing

Fadlian Syah said...

Klo gameny sering lag n suarany patah" , yg salah Disc gamenya?? apa reicastny?

Romero Kevin Orvala said...

Gan ini di Hp Oppo A71 work kg?